Cara Cuci Tangan dan Menyikat Gigi dalam Islam

Topik kita sekarang yakni Cara Cuci Tangan dan Menyikat Gigi dalam Islam. Dua hal yang sering diajarkan dalam bab atau atau materi tentang kebersihan diri (taharah) dalam islam yaitu cuci tangan dan menyikat gigi.

Cara Cuci Tangan dan Menyikat Gigi dalam Islam

Cara Cuci Tangan dan Menyikat Gigi dalam Islam

Berikut sedikit penjelasannya :

Cuci Tangan

Cuci tangan adalah lini pertama pertahanan kuman. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Bila salah seorang dari kalian bangun tidur, janganlah memasukkan tangannya ke dalam bejana sebelum mencucinya tiga kali, karena dia tidak tahu apa saja yang disentuh tangannya sewaktu tidur” (HR. Bukhari Muslim).

Bila tangan tak bersih, penyakit perut dari sumber mulut (faecal-oral) muncul. Termasuk terancam kasus SARS, flu burung, influenza (bisa jadi berasal dari jemari yang menyentuh tombol lift, pegangan pintu, gagang telepon, perabotan di tempat umum, uang). Apalagi ketika kita tidur, hampir semua orang memang tidak tahu apa saja yang ia pegang selama terlelap. Dengan syariat ini, jemari tangan dibuat aman dari kemungkinan tercemar seperti itu.

Hanya saja prosedur mencuci tangan kadang juga kurang sesuai medis. Teknik kobokan misalnya, hanya membasahi jari, sementara kondisi tangan secara umum tidak berbeda antara sebelum dan sesudahnya.

Kuncinya terletak pada air mengalir. Betapa banyak Sang Junjungan memerintahkan hal ini : membasuh dengan air mengalir atau dialirkan. Karena dengan mengalir penyapuan kotoran serta kuman terjadi. Dengan kobokan mana mungkin?! Apalagi kalau mengoboknya berjamaah, bersama-sama???

Kemudian, pada proses membasuh tangan, meski dengan air mengalir sekalipun, jika sekedar mendiamkannya menerima siraman air, bagaimana bisa membersihkan. Jadi, harus digosok mulai dari kuku, sela-sela jari, hingga telapak dan punggung tangan.

Kadang beberapa bagian ini sering dilupakan. Maka, terjawab sekarang pertanyaan seperti : “anak saya sudah rajin mencuci tangan tetapi masih cacingan”, atau “kebersihannya baik, cuci tangan juga rutin, tetapi sekarang malah terkena diare”.

Jadi mari biasakan mencuci tangan dengan prosedur yang tepat. Ridha Allah dapat, kesehatan juga kena.

Menyikat Gigi

Aktivitas menyikat gigi (bersiwak) memiliki manfaat banyak sekali. Rasulullah SAW bersabda, “Seandainya tidak memberatkan ummatku maka akan aku perintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan shalat” (HR. Bukhari Muslim).

Sekarang banyak beredar sikat dan pasta gigi dengan berbagai pilihan. Hanya muncul masalah lagi yaitu cara menyikat masyarakat tidak sedikit yang lebih mirip menggosok, mengamplas, mengikis lapisan yang pada akhirnya justru membahayakan si empunya. Menanggapi hal ini, seorang dokter gigi pernah berpesan, “Sebenarnya menyikat gigi sekali sehari saja cukup asal tekniknya benar. Tapi lebih baik lagi jika sering dan tekniknya benar.”

Lagi-lagi, yang bermain dalam kehidupan ini kualitas bukan kuantitas. Teknik ini intinya gerakan menyeluruh dalam menyikat sehingga semua sela dan lekuk gigi tersapu dalam gerakan membuang kuman, semisal ke atas dan ke bawah pada gigi depan. Dan, sapuan lembut sudah cukup membersihkannya.

Tidak heran, banyak produsen kemudian mencoba untuk membantu konsumen dengan membuat sikat gigi berbulu halus, selain banyaknya jenis pasta gigi, mulai dari yang berbahan herbal hingga berefek memutuhkan gigi.

Tips menyikat gigi

  1. Letakkan posisi sikat 45o terhadap gusi
  2. Gerakan sikat dari arah gusi ke bawah untuk gigi rahang atas (seperti men-cungkil)
  3. Gerakan sikat dari arah gusi ke atas untuk gigi rahang bawah
  4. Sikat seluruh permukaan yang meng-hadap bibir dan pipi serta permukaan dalam dan luar gigi
  5. Sikat permukaan kunyah gigi dari arah belakang ke depan

Demikian info tentang Cara Cuci Tangan dan Menyikat Gigi dalam Islam semoga bermanfaat.

Sumber : Super Health, dr. Egha Zainur Ramdhani

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.