Keutamaan Waktu Shalat Subuh yang Luar Biasa

Pembahasan kita kali ini yaitu Keutamaan Waktu Shalat Subuh yang Luar Biasa. Ada sebuah kisah tentang waktu shalat shubuh yaitu tentang sahabat Anas bin Malik r.a. Sahabat Anas bin Malik r.a. selalu menangis manakala ia mengingat penaklukan Tastar. Tastar adalah satu kota benteng di Persia yang dikepung kaum Muslimin genap satu tahun setengah, hingga akhirnya ditaklukkan kaum Muslimin dan tercapailah kemenangan yang besar. Peperangan ini tergolong peperangan sangat berat yang dirasakan kaum Muslimin.

Keutamaan Waktu Shalat Subuh yang Luar Biasa

Mengapa Anas bin Malik r.a. menangis ?

Benteng Tastar baru bisa diterobos menjelang shalat fajar. Pasukan Islam menerobos masuk benteng, kemudian terjadilah peperangan sengit antara 30 ribu pasukan Muslimin dengan 150 ribu pasukan Persia. Peperangan berlangsung sangat sengit. Pasukan Muslimin sempat terdesak. Suasana sangat genting kritis dan berbahaya.

Akhirnya dengan karunia Allah, kaum Muslimin menang. Mereka menang gemilang atas musuh, kemenangan yang tercapai beberapa saat setelah terbit matahari. Saat itu, kaum Muslimin baru menyadari di hari yang sangat menakutkan itu, ternyata shalat shubuh sudah lewat!

Dalam kondisi begitu rawan, dentingan suara pedang mengintai batang leher membuat kaum Muslimin tidak sanggup melaksanakan shalat shubuh tepat pada waktunya. Anas r.a. pun menangis karena pernah tertinggal shalat shubuh, meski hanya sekali sepanjang hidupnya. Dia menangis, kendati dimaafkan. Mereka sibuk dengan jihad yang merupakan puncak Islam namun yang mereka tinggalkan merupakan sesuatu yang sangat berharga!

Anas berkata, “Buat apa Tastar? Sungguh shalat Shubuh telah berlalu dariku. Sepanjang usia, aku tidak akan bahagia seandainya dunia diberikan kepadaku sebagai ganti shalat ini!”.

Kenapa sampai shahabat besar seperti beliau mengatakan demikian? Tentu, karena keutamaan shalat dan waktu Shubuh.

Keutamaan Waktu Shalat Subuh

Banyak dalil yang menyinggung keutamaan shalat shubuh yaitu sebagai berikut :

Utsman bin Affan r.a. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang shalat Isya berjamaah maka seakan-akan ia telah shalat setengah malam. Dan barangsiapa shalat Shubuh berjamaah (atau dengan shalat Isya), maka seakan-akan ia telah melaksanakan shalat satu malam penuh” (H.r. Muslim).

Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Kalau sekiranya manusia mengetahui apa yang tersembunyi dalam azan dan shaf pertama, maka mereka tidak akan mendapatkan bagian kecuali dengan jalan diundi di dalamnya, niscaya mereka akan ikut serta dalam undian (banyaknya yang berbondong-bondong guna mendapatkan shaf pertama). Dan jika mereka mengetahui apa yang didapatkan dalam awal kedatangan (shalat jamaah), niscaya akan berlomba-lomba. Dan, jika mereka mengetahui apa yang tersimpan di dalam shalat Shubuh dan Isya, maka mereka akan mendatanginya walau dengan merangkak“ (H.r. Bukhari).

Memang begitu istimewa shalat wajib pembuka hari ini, bahkan shalat sunnah yang menyertainya juga mendapat porsi luar biasa.

Aisyah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Dua rakaat Fajar (shalat sunnah sebelum Shubuh) lebih baik dari dunia dan seisinya” (H.r. Muslim).

Shalat sunnahnya saja lebih baik dari dunia dan seisinya, lalu bagaimana dengan shalat wajib Shubuh itu sendiri? Sungguh tidak terbayangkan keutamaannya! Namun, sayangnya, manusia justru kerap melalaikan ibadah yang satu ini.

Ammarah bin Ruwaihah r.a. meriwayatkan bahwa dirinya mendengar Rasulullah Saw. bersabda, “Tidak akan masuk neraka, orang yang shalat sebelum terbit matahari  dan sebelum terbenam matahari”  (H.r. Muslim).

Tips Anti Kantuk ketika Shalat Shubuh

Kiat mencegah atau mengurangi rasa kantuk saat shalat Shubuh

  1. Segera bangun saat mata sudah terbuka, jangan turuti keinginan untuk berdiam di tempat tidur
  2. Berwudhu adalah cara yang efektif dan praktis untuk mengurangi rasa kantuk. Selain itu, mandi insya Allah makin membantu mengusir kantuk yang menerpa
  3. Jika kantuk menerpa saat ibadah, ambil rehat dengan duduk atau berdiri, tapi jangan dengan bersandar. Hirup napas dalam-dalam sebanyak 10 – 15 kali untuk memperkaya pasokan oksigen ke otak, fokuskan mata dengan membaca, al-qur’an maupun buku
  4. Buat lingkungan menjadi lebih terang, jika semula gelap, nyalakan lampu, jika semula redup, hadapkan diri pada lampu yang lebih terang
  5. Cobalah cium wewangian serta dengarkan suara untuk membuat lingkungan tidak hening, seperti kaset, radio dsb. Intinya buat panca indera tidak “menganggur”
  6. Jangan percayakan diri pada kopi atau minuman sejenisnya. Selain tidak melatih diri, juga bisa menimbulkan ketergantungan

Demikian info tentang Keutamaan Waktu Shalat Subuh yang Luar Biasa semoga bermanfaat.

Sumber : Super Health, dr. Egha Zainur Ramdhani

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.