Rahasia Dibalik Aktivitas Berwudhu

Kali ini kami akan bahas terkait dengan Rahasia Dibalik Aktivitas Berwudhu yang perlu Kita Tahu. Thaharah merupakan inti ibadah. Tanpa hal yang satu ini, jangan harap shalat diterima. Ini pula kunci kesucian. Begitu sering Rasulullah SAW menjaga wudhu, dalam rangka menjaga kesucian diri. Bahkan saat ada seorang yang marah sekalipun, wudhu mujarab meredakannya, sebagaimana dalam hadist berikut “Apabila salah seorang dari kamu dalam keadaan marah, maka berwudhulah. Sesungguhnya marah itu berasal dari api” (HR. Abu Dawud).

Rahasia Dibalik Aktivitas Berwudhu

Rahasia Dibalik Aktivitas Berwudhu

Medis sedikit banyak bisa mengungkapkan rahasia dibalik wudhu. Wudhu ternyata merupakan ritual penyucian yang mengutamakan unsur kesehatan. Kesegaran yang diperoleh tidak hanya fisik namun juga mental. Tak heran, marah bisa reda karenanya. Lebih dari itu, bagian-bagian yang dibasuh merupakan titik-titik penting meremajakan tubuh.

Dr. Magomedov, asisten pada lembaga General Hygiene and Ecology di Daghestan State Medical Academy dalam artikelnya berjudul “Muslims Rituals and Their Effect on the Person’s Health” mengetengahkan bagaimana wudhu dapat menstimulasi atau merangsang irama tubuh secara alami.

Rangsangan itu muncul pada seluruh tubuh, khusunya pada area yang disebut Biological Active Spots (BASes) atau titik-titik aktif biologis. BASes mirip sekali dengan titik-titik refleksologi ala China. Bedanya untuk menguasai titik-titik refleksi ala China dengan tuntas paling tidak dibutuhkan waktu 15-20 tahun. Bandingkan dengan praktik wudhu yang sangat sederhana.

Di sisi lain, untuk memberikan efek pijat refleksi ala China diperlukan tekanan bahkan tusukan jarum. Ada 700 BASes pada tubuh kita, tapi 65 di antaranya memiliki efek terapi refleksi cepat, yang cukup dikenai pijatan ringan atau usapan lembut untuk mengaktifkannya. Daerah tersebut dikenal sebagai “drastic spot” yaitu bagian tubuh yang dibasuh air wudhu. Inilah letak keistimewaan wudhu!

Dengan demikian guyuran air wudhu dalam konsep pengobatan modern tidak lain adalah hidromassage alias pijat dengan memanfaatkan air sebagai media penyembuhan. Mengingat sistem metabolism tubuh manusia terhubung dengan jutaan saraf yang ujungnya tersebar di sepanjang kulit.

Muslimah Behijab

Bukankah Muslimah lebih terlindung lagi dengan digunakannya jilbab? Hal ini memang benar. Tetapi masalahnya adalah, ketika mereka beraktivitas di rumah atau di lingkungan yang secara syariat diizinkan untuk melepaskan jilbab, tetap saja area tersebut terpapar juga bukan?

Terlebih lagi secara umum kulit perempuan lebih sensitif terhadap pengaruh luar daripada laki-laki. Itulah sebabnya kenapa Muslimah diminta agar menggunakan jilbab bukan sekedar memakai kerudung apalagi yang tidak pakai pakaian sesuai syariat islam. Selain tidak sesuai syariat juga akan memperburuk kesehatan pemakainya.

Inilah syariat, antisipasi terhadap segala kemungkinan untuk kebaikan manusia itu sendiri. Memang sudah ada wudhu, tetapi karena kulit perempuan lebih sensitif, lebih rentan terhadap berbagai penyakit kulit, sehingga perlindungan dengan mengurangi pemaparan terhadap lingkungan luar sangat diperlukan. Dan Allah Mahatahu tentang hal ini. Sungguh, betapa sayang-Nya Sang Pencipta pada hamba-Nya.

Demikian info tentang Rahasia Dibalik Aktivitas Berwudhu semoga bermanfaat.

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.