Tips Aman Donasi Online yang bisa Anda Lakukan

Topik kita kali ini ialah tips aman donasi online yang bisa Anda lakukan. Di masa pandemi, hampir semua orang yang ada di belahan dunia ini terdampak. Mulai dari tenaga medis, karyawan hingga masyarakat umum. Misalnya tenaga medis yang kesulitan mendapatkan alat pelindung diri (APD). Sedangkan bagi masyarakat umum tidak sedikit yang mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Tips Aman Donasi Online

Penggalangan Dana

Guna mengatasi masalah tersebut tidak sedikit juga orang-orang atau lembaga yang menggalang donasi serta bantuan untuk mereka yang kesulitan tersebut. Bagi yang ingin memberikan donasi ke orang-orang atau lembaga tersebut Anda harus cermat. Salah satu situs donasi online Indonesia yang aman dan terpercaya yaitu Organisasi Support UNICEF Indonesia.

Di artikel ini kami akan kasih beberapa tips aman donasi online agar tepat sasaran dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun sebelum ke tips berdonasi online, kami akan sedikit jelaskan mengenai apa itu donasi.

Donasi merupakan suatu pemberian yang biasanya bersifat secara fisik oleh perorangan maupun badan hukum. Pemberian donasi bersifat sukarela tanpa adanya imbalan atau keuntungan. Biasanya donasi berupa makanan, barang, pakaian, mainan maupun kendaraan, namun tak selalu berbentuk seperti itu.

Pemberian donasi dapat dilakukan tidak hanya dalam bentuk pemberian jasa atau barang semata akan tetapi juga dapat berupa pendanaan. Pada peristiwa bencana atau dalam keadaan tertentu donasi bisa berupa bantuan kemanusiaan atau dalam pembangunan. Sedangkan dalam dunia medis, donasi dapat berupa

  • perawatan medis,
  • pemberian transfusi darah,
  • transplantasi,
  • pemberian penggantian organ,
  • dll.

Manfaat Donasi

Manfaat dari adanya donasi adalah ikut andilnya kita untuk membantu orang lain yang kesulitan. Mereka yang mendapat bantuan mungkin tidak tahu bantuan tersebut dari siapa. Mungkin mereka tahunya dari pihak penggalangan dana atau lembaga sosial. Tapi Tuhan tahu dan mencatat orang-orang dermawan di balik layar dan menuliskan dana bantuan itu menjadi amal ibadah.

Dana donasi tersebut nantinya akan dipakai untuk membantu orang-orang yang dalam kesusahan atau mengalami musibah. Seperti untuk membantu korban bencana alam, korban perang, kemiskinan yang masih banyak dialami oleh masyarakat-masyarakat pedalaman. Selain itu juga bisa digunakan untuk membangun infrastruktur yang bermanfaat misalnya sarana ibadah dan pendidikan.

Biasanya tiap negara memiliki lembaga penghimpun dan penyalur donasi yang nantinya dipakai secara tepat sasaran untuk memberikan bantuan kemanusiaan global. Lembaga tersebut biasanya memiliki rekening donasi agar lebih memudahkan para dermawan untuk memberikan dana bantuan kemanusiaan.

Tips Aman Donasi Online

Memberikan donasi merupakan perbuatan yang sangat baik, sebab bisa meringankan kesulitan orang lain. Saat ini untuk donasi tidak perlu mendatangi badan atau lembaga penyalur donasi, karena sudah ada donasi online. Namun, belakangan ini ada oknum penyalur donasi online yang menyalahgunakan dana donasi untuk kebutuhan pribadi.

Padahal, tidak semua penyedia donasi online yang melakukan hal demikian. Banyak lembaga penghimpun dan penyalur dana donasi yang kredibilitasnya sudah tak perlu diragukan. Untuk itu, simak tips aman donasi online berikut agar Anda lebih berhati-hati dalam berdonasi online.

Kenali Lembaga Donasi

Sebelum melakukan donasi, ada baiknya Anda memeriksa lebih dulu kredibilitas dari lembaga donasi online yang dipilih. Tips aman donasi online ini dilakukan sebab lembaga penyalur donasi online di Indonesia sangat menjamur. Hal ini membuat donatur awam bingung untuk memilihnya. Pilih lembaga penyalur donasi yang sudah punya reputasi baik di masyarakat. Cari tahu juga tentang rekam jejaknya.

Perhatikan Rekening Penghimpun Donasi

Cek lebih dulu nama pemilik rekening lembaga penghimpun dan penyalur donasi tersebut. Apakah rekening tersebut atas nama pribadi atau lembaga. Di samping itu, tidak disarankan untuk mengirim donasi ke lembaga yang belum dikenal via transfer bank atau jasa pengiriman uang. Tips aman donasi online ini dilakukan karena metode online tidak memberi jaminan yang semestinya (liability protection) kepada Anda saat terjadi penipuan.

Waspadai Email Ajakan Donasi Online

Biasanya ada saja email nyasar ke kotak masuk email Anda dengan mengatasnamakan organisasi yang sedang menggalang dana. Hal itu perlu Anda curigai kebenarannya. Anda cek keaslian organisasi tersebut via internet.

Pastikan Situs Donasi Online Aman

Anda wajib memeriksa keamanan dari situs donasi online tersebut sebelum berdonasi. Tips aman donasi online ini dilakukan karena bisa saja situs tersebut mengandung spyware atau semacamnya. Jadi saat Anda mengisikan data-data yang sifatnya pribadi seperti nomor rekening atau kartu kredit dan yang lainnya, mereka bisa dengan mudah mencurinya.

Cek Autentikasi dari Pembayaran di Situs Donasi Online

Tips aman donasi online ini sangat penting untuk Anda ingat. Karena tips ini menyangkut dengan uang yang akan Anda bayarkan untuk donasi nantinya. Tentu saja Anda tak mau uang yang diperuntukan buat membantu orang-orang yang memerlukan diselewengkan oleh pihak tak bertanggung jawab.

Laporkan Jika Terjadi Hal yang Mencurigakan

Jika merasa ada yang ganjil dalam prosedur donasi online, namun sudah terlanjur mentransfer, maka segera laporkan hal tersebut ke bank. Jangan menunggu terlalu lama. Hal ini dilakukan untuk langkah antisipasi akan kejadian yang tak diinginkan. Jika ada transaksi yang mencurigakan, maka pihak bank dapat langsung memblokir rekening Anda.

Jangan Takut Untuk Berdonasi Via Online

Berdonasi secara online memang pilihan paling tepat bagi Anda yang sibuk dalam aktivitas sehari-hari tapi mau membantu sesama. Pahami terlebih dahulu tips aman donasi online di atas. Selain itu tentang latar belakang lembaga atau organisasi yang akan menggalang dana sebelum melakukan donasi. Dengan begitu Anda akan terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Dan donasi juga sampai pada orang-orang yang membutuhkan.

Sekian informasi perihal tips aman donasi online yang bisa Anda lakukan, kami harap post kali ini bermanfaat untuk kalian. Kami berharap post berdonasi online ini disebarluaskan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Menjadi Healthpreneur Sukses

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Peluang

Digital Marketing Peluang Bisnis Peluang Investasi

Produk Kesehatan

MSI OSB Group Sharia Group

Produk Sampingan

Buku Bisnis Kavling Siap Bangun Properti Produktif Rumah Syariah

Synergy WorldWide

Produk Synergy Program Detoks Solusi Sehat
Tiga Fase Mekanisme Terjadinya Stres
Kegiatan Setelah Shalat Subuh yang Bisa Dilakukan
Manfaat secara Medis dari Shalat Subuh
Keutamaan Waktu Shalat Subuh yang Luar Biasa
Pengobatan Islami Sehat ala Nabi Terapi Al-Qur'an Therapi Air Mata
Aids dan Gangguan Jiwa serta Bahayanya
Pengobatan Smart Healing Murah dan Mudah Dilakukan
Kasus Bahaya Narkoba yang Terjadi